Cara Mudah Jadi Investor Melalui Pasar Modal

GRESIK-Per November 2017, tercatat 561 perusahaan go public telah terdaftar di lantai bursa. Dengan nilai transaksi yang mencapai Rp.7,3 triliun per hari dan pertumbuhan rata-rata 12,5 persen per tahun menjadi modal bagi masyarakat untuk menjadi investor.

‘’Ada tiga kunci sukses dalam hidup ini yakni rajin bangun pagi, tidur larut malam dan menjadi pemilik perusahaan. Dua hal telah dilakukan oleh masyarakat pada umumnya, namun satu yang terakhir yang belum banyak dilakukan yakni berinvestasi,’’ ungkap Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan saat Seminar Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) Selasa (7/11/2017).

JELASKAN SAHAM : Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan menjadi pembicara seminar pasar modal di Universitas Muhammadiyah Gresik, Selasa, (7/11/2017)

Nicky mengatakan saat ini masyarakat dimudahkan dengan adanya transaksi pembelian dan penjualan saham.’’Jika dulu untuk transaksi saham diperlukan dana Rp10 juta hingga Rp.25 juta. Namun, saat ini cukup Rp.100 ribu masyarakat sudah dapat menjadi investor,’’ paparnya.

Kemudahan yang lain, jelasnya, pembelian satu lot saham sebanyak 500 lembar. Namun, saat ini satu lot saham jumlahnya 100 lembar. ‘’Hal ini harus dimanfaatkan masyarakat dengan baik sebab melalui bursa efek kita bisa menjadi pemilik perusahaan,’’ katanya.

Untuk menunjang hal ini telah terdapat 27 (dua puluh tujuh) kantor perwakilan BEI, 6 (enam) pusat informasi go public, 316 (tiga ratus enam belas) Galeri Investasi yang 304 (tiga ratus empat) berada di perguruan tinggi. Ini ditambah dengan 368 (tiga ratus enam puluh delapan) komunitas investor,’’ jelas mantan Direktur Utama PT Reliance Sekuritas Indonesia ini.

Perlu didorongnya masyarakat untuk menjadi investor didasarkan fakta 8 (delapan) orang terkaya di dunia mengasasi aset kekayaan setengah jumlah populasi dunia. Untuk Indonesia, 4 (empat) orang terkaya menguasai aset kekayaan 100 (seratus) juta penduduk. ‘’Warren Edward Buffet, Lo Kheng Hong, Giring Ganesha merupakan contoh investor saham yang dapat dilakukan oleh semua orang,’’ tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Phintraco Sekuritas Jeffrey Hendrik mengatakan pola pikir masyarakat untuk melakukan perdagangan saham harus diubah.’’Diantaranya adalah investasi saham untuk orang kaya, risiko yang sangat tinggi dan sulit. Dan saat ini semua tersebut telah diatasi dengan kemudahan infrastruktur yang tersedia,’’ jelasnya. (ars)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: