Pemerintah Tindak 300 Jenis Produk yang Tidak Berstandar

SELAMA enam bulan terakhir, pemerintah telah melakukan tindakan berupa penarikan 300 jenis produk karena tidak memenuhi standar yang dilaksanakan.”Bahkan sebagian telah dilakukan penyidikan dan penuntutan sesuai dengan UU No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,” jelas Sekretaris Jendral Kementrian Perdagangan Republik Indonesia Ardiansyah Parman pada Kamis (5/7) di Surabaya.


Ardiansyah mengungkapkan Indonesia saat ini menduduki urutan ke 15 untuk besarnya skala ekonomi yang dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai US$ 1 triliun pada tahun 2012 dari nilai PDB dunia yang mencapai US$ 15 triliun. Nilai ini,katanya, 60 persen didukung oleh pertumbuhan konsumsi produk dalam negeri.
Pada tahun 2020, menurut perkiraannya, PDB Indonesia akan mencapai US$ 7 triliun.”Ini tentuya menjadi pasar potensial bagi produk dari luar negeri. Jika tidak dilakukan perlindungan maka produk dalam negeri akan tergilas,” paparnya.
Untuk melindungi produk dalam negeri, maka pemerintah melakukan upaya berupa standar keamanan, kesehatan,keselamatan dan lingkungan. Selain itu pemerintah juga meningkatkan produk barang dan jasa yang berkualitas, pengawasan, edukasi konsumen yang cerdas, dan mengembangkan kelembagaan perlindungan konsumen.
Hingga tahun 2010 terdapat 254 Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) dan telah menangani 1.800 kasus.Dari jumlah itu, 24 persen atau 501 kasus didominasi di bidang pembiayaan (leasing), 8 persen di bidang perbankan dan sisanya di bidang pelayanan jasa.
BPSK Berprestasi
Selain LPKSM, Pemerintah juga memberi perhatian pada Badan Perlindungan Konsumen (BPSK).
Dari 73 BPSK, 45 yang lolos administrasi. Selanjutnya terdapat 15 BPSK yang dinyatakan berdedikasi dan dinyatakan kinerjanya baik.
”Lima BPSK yang terpilih paling baik adalah Padang, Jogjakarta, Sukabumi, Kota Bandung danMedan. Dan tiga BPSK terbaik akan melakukan studi banding ke India, Hongkong dan Malaysia,” katanya. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: