”Pembantaian” Umat Islam Hinterland di Batam

TSAUBAH RA bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Nyaris orang-orang kafir menyerbu dan membinasakan kalian seperti menyerbu makanan di atas piring. Berkata seseorang: Apakah karena sedikitnya kami waktu itu? Beliau bersabda: Bahkan kalian pada waktu itu banyak sekali, akan tetapi kamu seperti buih di atas air. Dan Alloh mencabut rasa takut musuh-musuhmu terhadap kalian serta menjangkitkan di dalam hatimu penyakit wahn. Seseorang bertanya: Wahai Rasulullah, apakah wahn itu? Beliau bersabda: Mencintai dunia dan takut mati”. (Riwayat Abu Dawud no. 4297. Ahmad V/278. Abu Na’im dalam Al-Hilyah)

Gereja di pulau Kubung

Gereja di pulau Kubung

Umat Islam belum menyadari sepenuhnya bahwa  telah menjadi ajang ”pembantaian” bagi orang-orang kafir. Baik secara  fisik maupun non fisik. Dalam surat Al Baqarah ayat 120 disebutkan; “Dan orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu (sepanjang masa) hingga engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, ‘Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar).’ Demi, sesungguhnya jika engkau mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”
Hal ini merupakan kondisi yang jelas tentang kebencian Yahudi dan Nasrani. Mereka akan terus menyebarkan agamanya sehingga kita atau umat Islam mengikuti agama mereka. Namun, landasan dan kegencaran ini tidak diimbangi oleh umat Islam untuk berdakwah menyampaikan ajaran Islam. Terutama untuk menjaga umat Islam yang pengetahuannya masih terbatas atau sedikit.
Sebut saja, di daerah pulau di sekitar pulau Batam yang disebut hinterland. Suku laut yang memang turunan Islam kurang mendapat pembinaan dari umat Islam itu sendiri. Hal ini diperparah dengan permasalahan ekonomi dan rendahnya tingkat pendidikan yang menyebabkan mereka kurang berdaya. Jadi tak heran jika mereka berpindah agama padahal mereka sendiri tak tahu mengapa harus pindah agama.
Kondisi ini bisa dilihat di beberapa pulau di seputar Batam. Sebut saja pulau Kubung, Todak dan Pulau Air Mas di sebelah selatan Batam. Dan pulau Lingka di sebelah utara Batam. Belum lagi pulau-pulau di wilayah Batam-Rempang-Galang yang disingkat dengan Barelang.
Ada pulau Teluk Nipah yang mana sebagian penduduknya telah mememluk agama Kristen. Kondisi serupa juga terjadi di pulau Pasir Putih. Padahal pulau ini letaknya hanya lima menit dari Kampung Baru Galang Baru dengan menggunakan pompong.
Kegiatan-kegiatan di hari Minggu pun mereka laksanakan. Demikian juga dengan pembangunan fisik. Di Pulau Kubung bukan hanya berdiri sebuah gereja yang megah. Melainkan juga sebuah pondok anugrah juga berdiri di sana. Mereka mengajak anak-anak untuk berkumpul dan bermain sembari menanamkan kepercayaan mereka kepada anak-anak.
Sehingga dengan demikian, tak heran jika satu bapak anak-anaknya ada yang masih memeluk agama Islam dan sebagian lagi telah pindah agama memeluk agama Kristen.”Kami telah memeluk agama Kristen sejak dua puluh tahun yang lalu,” ujar pak Koeng, orang suku laut di pulau Teluk Nipah yang berusia sekitar 45 tahun ini.
Lantas kemana kita dua puluh tahun lalu? Wallahu’alam Bishawab. (***)

2 Tanggapan

  1. kayaknya memang benar gan bahwa tahun 2012 bakal kiamat kalo melihat kondisi sekarang. kemarin aja ada yang ngaku sebagai Tuhan

  2. Ajaran Kristen berbasis pada “KASIH”, bahwa kami pengikut “Kristus” harus benar-benar mempraktekan Kasih tersebut. Karena pada dasarnya apapun yang kit miliki HANYA karena KASIH karunia NYA saja. Oleh karena itu bagi kami, “BERBAGI” adalah WAJIB. Dan itulah dasar dari cara hidup kami. Tuhan memberkati kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: