Tempat Daging Ayam, Sapi dan Babi yang Berdekatan

KEPEDULIAN masyarakat muslim tentang makanan halal harus ditingkatkan. Seiring dengan perkembangan dibukanya gerai pasar modern, maka kekritisan dan kepedulian masyarakat akan makanan halal dan baik menjadi modal untuk mengontrol perkembangan pasar modern tersebut.

Konter Daging yang Bercampur yakni Ayam, Sapi dan Babi

Konter Daging yang Bercampur yakni Ayam, Sapi dan Babi

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Muslim (YLKM) Batam telah member teguran kepada manajamene pasar modern di DC Mall. Pasalnya, manajemen pasar modern tersebut meletakan daging babi, ayam dan sapi berdekatan dalam satu rak. Meskipun itu terdapat dalam kaleng.
Hal serupa kembali terjadi. Pasar modern Carrefour Harbour Bay Mall di Batuampar meletakan daging ayam, sapi dan babi berdekatan. Bahkan, pisau yang digunakan pun kemungkinan dapat bercampur. Yakni pisau yang digunakan untuk mengiris babi dipergunakan juga untuk mengiris sapi atau ayam.
‘’Namun kami tidak menjual daging babi kembali. Karena pemasok yang menjanjikan meletakan karyawannya di konter tersebut tak kunjung memenuhi  janjinya,’’ ujar Store Manager Carrefour Batam, Agus Irwanto kepada Buletin Jumat.
Perihal penjelasan tentang peletakan daging yang terpisah, Agus mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang diberikan. ‘’Ini tentunya akan menjadi perbaikan bagi kita semua,’’ ujar Agus.
Perihal masalah daging yang dijual di pasar modern ini bukan lah pertama kali. Sebelumnya, YLKMB juga mendapatkan laporan tentang penyalahgunaan sertifikat halal daging.’’Sertifikat halal tersebut milik saya namun digunakan oleh orang lain untuk memasok daging di Hypermart Mega Mall Batam Centre,’’ ujar pak Kasdi waktu itu.
Mendapat laporan ini, Buletin Jumat pun mengingatkan manajemen Hypermart untuk menyelesaikan masalah ini agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari  (***)

3 Tanggapan

  1. Pak, saya juga punya tulisan tentang ayam tiren yang banyak diperjual belikan. (ayam tiren – ayam mati kemarin, dijual).

  2. Kalau sapi dipelihara dekat babi, hukum konsumsi daging sapinya bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: