Kasus BPSK Batam Selama 2009

BADAN Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Batam yang dilantik oleh Wakil Wali Kota Batam pada Kamis, 18 Desember 2008 telah menangani 12 (dua belas) kasus selama tahun 2009.

Sidang BPSK

Sidang BPSK

Kasus pertama yang diterima adalah kasus perumahan antara PT Nusa Bumi Indah (Corina Anggono/Dian) dengan Renta Damanik. Dalam kasus bernomor 001/P3k/III/2009 ini selesai dalam prasidang dengan penyelesaian ganti rugi uang yang telah disetor konsumen kepada developer.
Memang, dari dua belas kasus yang masuk di BPSK Batam, mayoritas adalah permasalahan perumahan yakni antara konsumen dan pelaku usaha yakni sebanyak sembilan kasus. Dari sembilan itu, satu kasus perumahan antara konsumen dengan bank sisanya dengan developer.
Sedangkan tiga kasus lainnya adalah permasalahan listrik dengan nomor perkara 002/P3K/IV/2009, tagihan air bersih ATB dengan nomor 005/P3K/V/2009 dan masalah parkir dengan nomor perkara 007/P3K/IX/2009. Ketiga kasus ini tidak dapat diselesaikan dengan tuntas karena berbagai hal yakni pengadu bukan konsumen akhir untuk kasus listrik, konsumen tidak melampirkan bukti untuk pendukung yang sah dan penggungat tidak menghadiri sidang.
Untuk kasus listrik memang PT Pelayanan Listrik Nasional Batam digugat oleh Novotel yang memang bukan konsumen akhir. Kasus ini sempat diterima oleh BPSK dan menjadi pelajaran bagi BPSk selanjutnya mengenai batas-batas permasalahan dan kasus-kasus yang dapat ditangani BPSK.
Dengan pembelajaran kasus tersebut, BPSK dapat menyelesaikan kasus selanjutnya dengan pengembalian uang konsumen sejumlah Rp74.600.000 untuk kasus dengan PT Sinar Geliga Bestari, pengembalian dana Rp15.000.000 oleh PT Putra Surya Batam dan Rp5.812.500 oleh PT Pancaran Pondok Tering.
Kehadiran BPSK diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya konsumen dalam menyelesaikan permasalahannya. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: