Arbitrase Pertama BPSK Batam

BADAN Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam menangani kasus penyelesaian sengketa perumahan dengan jalan arbitrase. Cara penyelesaian sengketa antara Apriyanto dan PT Putra Surya Batam ini merupakan arbitrase pertama yang ditangani BPSK Batam sejak pelantikan setahun lalu atau pada Kamis (18/12/2008).
Adapun tuntutan perkaran yang dipimpin oleh Yoesron Roni selaku Ketua Majelis dan Aries Kurniawan dan Irfan Manurung selaku anggota adalah soal pengembalian cicilan uang muka rumah yang telah dibayarkan Apriyanto selaku konsumen kepada PT Putra Surya Batam selaku pelaku usaha.
’’Saya ingin uang muka itu kembali karena saya tidak jadi mengambil uang muka tersebut karena keluarga saya yang tertimpa musibah di Padang sedang membutuhkan bantuan,’’ ujar Apriyanto.
Apri menjelaskan uang yang telah disetorkan kepada PT Putra Surya Batam sejumlah Rp16 juta rupiah berikut uang tanda jadi sebesar Rp1 juta.
Prihal kasus ini, sebenarnya pihak perusahaan tidak mengalami kendala untuk mengembalikan uang konsumen. Namun, pelaku usaha memohon kepada majelis agar diberi tenggang waktu sehingga rumah yang telah dibeli oleh Apriyanto tersebut dapat dijual kembali pada konsumen lain.
Setelah mendengarkan keterangan antara konsumen dan pelaku usaha, akhirnya Ketua Majelis Hakim menyarankan agar penyelesaian sengketa ini dilakukan dengan cara musyawarah atau perundingan seperti yang disarankan Kepmen Indag No.350/MPP/Kep/ 12 /2001 tentang Tugas dan Wewenang BPSK.
Dengan cara ini akhirnya diambil keputusan bahwa Pelaku Usaha mengembalikan uang konsumen sebesar Rp15 juta dengan cara Rp7,5 juta dibayar pada sidang kedua dan sisanya dibayar tiga bulan yang akan datang.
Sedangkan konsumen berkewajiban mengembalikan segala berkas pelaku usaha agar rumah di perumahan Puri Agung – Tanjungpiayu ini dapat dijual kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: