Bank Syariah Sebagai Pengelola Dana Wakaf

DAERAH di Indonesia yang telah terbentuk Badan Wakaf nya adalah Kota Batam. Di Batam juga telah berdiri Lembaga Keuangan Syariah yang dapat mengelola dana wakaf uang. Salah satu dari lima perbankan syariah yang di tunjuk untuk mengelola dana wakaf uang itu adalah  Bank Muamalat Indonesia (BMI). BMI adalah bank syariah pertama di Indonesia berdiri sejak tahun 1991. Di Batam BMI telah berdiri sejak tahun 2004.
Ditemui di kantornya Okky Sukardian kepala  BMI cabang Batam menjelaskan Tujuan Bank Syariah mengelola Dana Wakaf  sebagaimana di amanahkan oleh Undang Undang N0 41 tahun 2004 Tentang Wakaf antara lain : Karena  Bank, dapat menyediakan jasa layanan perbankan dengan menerbitkan sertifikat wakaf tunai dan melakukan manajemen investasi terhadap dana wakaf tersebut. Membantu melakukan mobilisasi tabungan sosial dan melakukan transformasi dari tabungan sosial ke modal. Juga memberikan benefit kepada masyarakat khususnya, masyarakat miskin melalui optimalisasi sumberdaya masyarakat kaya. Menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat kaya tentang tanggung jawab sosialnya dan Membantu perkembangan pasar modal sosial (social capita market).
Selanjutnya Okky menjelaskan Bank mempunyai kemampuan akses kepada calon waqif begitu juga melakukan investasi , administrasi rekening, pendistribusian  hasil investasi yang lebih urgent lagi bank mempunyai kredibilitas dimata masyarakat, karena dikontrol oleh hukum/regulasi yang ketat.
Manfaat Wakaf Uang
Yang perlu menjadi catatan adalah perbankan hanya menerima wakaf uang saja , wakaf uang ini bisa sementara bisa tetap , nilai wakaf uang ini bisa bervariasi, yang lebih bermanfaat lagi uang dari wakaf ini bisa bisa memberdayakan asset-aset wakaf yang berupa tanah kosong, yang selama ini terbiar kurang bermanfaat. Dapat juga membantu lembaga-lembaga pendidikan Islam yang cash flow-nya defisit, begitupun untuk memberdayakan masyarakat sehingga menjadi masyarakat yang mandiri
Potensi Cash Wakaf di Kota Batam
Okky yang baru menjabat di BMI cabang Batam  ini cukup  optimis  akan potensi wakaf di Kota Batam dengan jumlah penduduk lebih dari 900 ribu orang katakana lah umat Islam 67,5 %  saja dan yang mengikuti program wakaf uang tunai 30 % per orang nya rp. 1.000.000,- saja bisa mendapat bagi hasil investasi setiap tahun 12 miliar lebih, atau setiap bulan nya sebesar 1 miliar . Mulai sekarang ber wakaf lah.(imbalo)

2 Tanggapan

  1. Assalamaulaikum
    Saya ketua lembaga Rumah Qurani Indonesia yang akan membangun Pesantren Tahfizh al-Quran. bagaimana cara memanfaatkan dana wakaf itu untuk membuat pesantren kami?

    • Waalaikumsalam. Pemanfaatan dana wakaf sebaiknya dilakukan untuk usaha produkstif. Lantas dari hasil usaha produktif tersebut dapat digunakan untuk pengembangan Pondok Pesantren.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: