Produk Melamin dari China Berbahaya

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan kepada masyarakat agar tidak menggunakan peralatan makan melamin. Pasalnya,dari 62 jenis produk peralatan makan yang saat ini sudah beredar luas di Indonesia dan ditemukan sebanyak 30 peralatan makan yang mengandung unsur melamin dan positif melepaskan formalin saat digunakan.
Rata-rata produk ini berasal dari China yang meliputi piring, mangkok, gelas, sendok, garpu, centong nasi dan centong sayur. Umumnya peralatan tersebut produk buatan China dan sebagian produk lokal. Merk lokal yang dimaksud seperti Mei Shin, Huamei dan ADS.
Menurut data BPOM, peralatan makan ‘melamin’ yang bila digunakan untuk mewadahi makanan berair, asam atau panas, akan melepaskan formalin antara lain gelas dengan tulisan ‘VGS 4-05A Melamine Ware’ dan ‘Sayota Melamine Ware’ pada bagian bawah, sendok makan dengan tulisan ‘Made in China No.2117′, sendok makan ‘Melamin Ware ADS 7007′, sendok makan bertulisan ‘8057′, sendok makan ‘Made in China’, dan sendok makan ‘Zak Design China 04287.
Selain itu, terdapat sendok nasi dengan cap ‘Melamine Ware’, sendok sayur bercap ‘IM 508′, garpu bercap ‘Huafeng No.204′ serta mangkuk bertulisan ‘VGS 1-83′, ‘Mei Shing Melamine 110581′, ‘H..K Melamine No.889′, ‘ADS-W07-2′, ‘ADS W06-8B’, ‘ADS T001′, ‘Melamine Ware China’, dan ‘Melamine Ware Estella Disney Made in China not for Microwave Use’. Serta piring dengan tulisan ‘Huamei No.2210P’, ‘ADS P09-1′, ‘Melamine Ware T109′ dan ‘Mei Shing Melamine 109′ serta sodet tanpa penanda.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Husniah RT Akib menjelaskan Batam merupakan daerah yang menjadi tujuan ekspor produk-produk tersebut dari negara asalnya. Untuk itu perlu meminimalisir dampak penggunaan produk-produk bermelamin tersebut terhadap kesehatan konsumen di Indonesia.
Para pelaku usaha diberi waktu sampai tanggal 30 Juni 2009, untuk menarik segala jenis peralatan sesuai daftar dari pasaran. “Jika sampai dengan 1 Juli 2009 peralatan makan melamin itu belum ditarik, ketiga instansi tersebut akan melakukan tindakan hukum terhadap para pihak yang terkait sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kota Batam, Ahmad Hijazi.
Ahmad Hijazi yang juga Ketua Badan Penyelesai Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam mengatakan Dinas Kesehatan akan menyebarkan surat edaran ke rumah makan, kantin, restoran, industri rumah tangga, catering sebagai mitra binaan Dinas Kesehatan sementara Disperindag terhadap pelaku usaha, toko, pasar modern dan tradisional.
Kasi Farmasi, Makanan dan Minuman, Ali Kozin mengatakan. penggunaan berbagai produk yang mengandung melamin tersebut dalam jangka panjang berisiko menimbulkan gangguan ginjal dan kandung kemih, gagal ginjal, kerusakan organ tubuh, kanker, hingga kematian, katanya. (***)

2 Tanggapan

  1. nice info,

    Kita harus waspada terhadapa makanan dari china

  2. Pencerahan:
    @warnadunia
    Produk berbahan melamin dari china, bukan makanan dari china yang dimaksud disini. Harap diralat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: