Enam Ribu Pelajar Ikuti Manasik Haji Provinsi Kepri

MEMBINA nilai-nilai Islam sejak dini merupakan tanggung jawab setiap muslim. Dan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tukang batu hingga tukang kayu pun dapat berbuat untuk bekal dalam bidang yang tidak putus pahalalnya. seperti halnya dalam hadits bahwa “Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalannya kecuali tiga perkara : shadaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kepadanya” (HR Abu Hurairah).

Tawaf mengelilingi miniatur Ka'bah

Tawaf mengelilingi miniatur Ka'bah

Pembelajaran mengenai rukun Islam telah dilaksanakan di sekolah. Bahkan dapat dipraktikan dalam lingkungan rumah. Keempat rukun Islam yang relatif mudah dipraktikan adalah Baca dua kalimat syahadat, Shalat, Puasa dan Zakat. Sedangkan rukun Islam yang terakhir yakni haji memerlukan tempat serta sarana dan prasarana dalam praktiknya. Atas dasar ini, Yayasan Hang Tuah Batam bersama dengan instansi terkait mengadakan Festival Manasik Haji Pelajar Kepri. Kegiatan ini telah dilaksanakan sepuluh kali dalam sembilan tahun. Untuk tahun ini, yakni tahun yang kesepuluh penyelenggaraan ditingkatkan menjadi Provinsi Kepri. Meskipun peserta luar Batam belum memenuhi seperti yang diharapkan, namun terdapat dua rombongan dari Kijang – Bintan yakn RA dan MI Ar Riyadussholihin. Acara ini diselenggarakan pada Ahad (8/3/09). sejak pukul 07.00 para sekitar 6.000 peserta telah berbondong-bondong memenuhi dataran Engku Putri – Kantor Wali Kota Batam. Sebanyak 60 TK, 24 SD, 7 SMP dan 7 SMA/SMK mengikuti kegiatan yang dibuka oleh Perwakilan Kakanwil Depag Kepri, Erizal, Asisten Wali Kota Batam, Anwar ujang. Ribuan anak yang telah berlatih dan menyiapkan diri sebelumnya memadati lapangan Engku Putri, dengan berpakaian putih-putih mereka pun membaca talbiah dan bersiap melaksanakan manasik. Prosesi demi prosesi dilalui. Mulai tawah di miniatur Ka’bah hingga lempar jumrah dan potong rambut. Tujuan diadakan acara ini adalah mengenalkan sejak dini kepada anak-anak perihal pelaksanaan manasik haji. Sehingga jika mereka mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji maka tidak akan canggung lagi.

Lempar jumrah

Lempar jumrah

Setelah melaksanakan prosesi, peserta sepuluh besar terbaik diperoleh oleh; untuk TK, TK Darult Taqwa, K Al Kaffah, TK Al Azhar, TK Nabila,TK Al Kaffah, TK Citra Batu Ampar, TK Hang Tuah, TK Az Zahra, TK An Nur dan TK Al Masitoh. Sedangkan untuk tingkat SD yakni SD Al Kaffah, SDN 08 Sagulung, SD 04 Batu Ampar, SD Islam Hang Tuah, SD Darut Taqwa, SD 006 Sekupang, SD 04 Sagulung, SD Belakang Padang dan SD Harmoni. Untuk tingkat SMP dan SMA hanya diambil lima besar. Untuk SMP yakni SMP Al Azhar, SMPN 28, SMPN 18 Galang, SMP Islam Hang Tuah dan SMP N 16 Tanjung Piayu. Sedangkan untuk tingkat SMA yakni SMA Al Azhar, SMK Al Azhar, SMK Islam Hang Tuah, SMA Amanatul Ummah Belakang Badang, SMA N 05 Batu Aji dan MA Amanatul Ummah Belakang Padang. Semoga acara ini dapat tetap terleksana dengan jumlah peserta yang semakin banyak. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: