Valentine Menurut Islam

BARANG siapa meniru suatu kaum, dia termasuk kelompok mereka,” Hadits di atas menjadi peringatan bagi umat Islam untuk tidak meniru prilaku kaum non muslim.

Valentine dihubungkan dengan hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis. Valentinius, adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya, tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi Cinta Kasih Kristianinya. Penekanannya ini jauh berbeda dengan konsep … dalam agama Kristen yang umum.

Dari kutipan sejarah di atas dapat diketahui bahwa hari Valentine yang dirayakan pada tanggal 14 Februari merupakan budaya dari agama Kristen. Di Indonesia, budaya bertukaran surat ucapan antar kekasih juga mulai muncul. Budaya ini cenderung menjadi budaya populer dan konsumtif karena perayaan valentine lebih banyak ditujukan sebagai ajakan pembelian barang-barang yang terkait dengan valentine seperti kotak coklat, perhiasan dan boneka. Pertokoan dan media (stasium TV, radio, dan majalah remaja) terutama di kota-kota besar di Indonesia marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan valentine.

Selain budaya tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam. Perayaan valentin juga mendorong seseorang untuk bersikap boros. Dan pemborosan merupakan hal yang dilarang dalam Agama, seperti yang tertera dalam QS Al-Isra 26-27.

‘’Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang terlantar dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan hartamu secara boros, sesungguhnya orang yang hidup berlebihan (boros) adalah saudara-saudara syaitan. Dan Syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya’’. (QS. Al-Isra 26-27).

Jadi sebagai seorang muslim kita harus yakin bahwa ajaran Islam adalah ajaran yang benar. Dan sepatutnya seorang muslim tidak meniru prilaku umat non muslim. Keyakinan bahwa ajaran Islam adalah benar dan sempurna tertuang dalam surat Al Maidah ayat ke tiga.

“Hari inilah Kusempurnakan agamamu ini untuk kamu sekalian dengan Kucukupkan NikmatKu kepada kamu, dan yang Kusukai Islam inilah menjadi agama kamu.” (Qur’an, 5: 3). (***)

26 Tanggapan

  1. ooo…..

    namun kasihsayang itu merupakan hak setiap insan.

    “jangan pandang siapa yang berbuat melainkan apa yang diperbuat”

    sekarang umat muslim sudah memakai produk produk yang dibuat dari non muslim,(sabun,sampo,baju,Dll).Itu pun merupakan sebagian dari kebudayaan umat non muslim,apakah mereka pantas di sebut sebagai golongan “mereka?”

  2. nice inpo dech😀

  3. @anGg
    o ala anGg …. meniru itu prilaku dan memakai itu lain cerita nya….. lagian dari mana anda tahu kalau non muslim yang menciptakan produk yang anda maksud.
    Menutup aurat memakai baju contoh nya, adalah anjuran yang hukum nya wajib bagi muslim .

    Tapi terima kasih sudah membaca, paling tidak anda mengerti mengapa di larang.

    Gimana lancar asuransi nya?

  4. bikin blog di wordpress juga mengikuti si Matt yg non muslim

  5. oh jadi itu alasannya…

  6. ga ngerayain valentine
    case closed…. next question?

    nb : kasih sayang ‘mah tiap hari…ngapain tunggu 14 februari:mrgreen:

  7. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang,
    Rayakan Hari Kasih-Sayang secara Islami

  8. yah… kalo tujuannya untuk ortu.. ato untuk suami… ato yg lainnya asal baik… kenapa pada ribut???!!!

  9. valentine itu tempatnya setan.

  10. setuju sekali, malah di agam kita Valentain tidak boleh

  11. valentine??? aduh…masa jahiliah tuh…dah ane tinggalin…

  12. hanya orang-orang yang berakal dan bertaqwa kepada Allah yang mampu membedakan antara kebenaran dan kebatilan….

    bercerminlah……

  13. ” BARANG SIAPA YANG MERAYAKAN HARI VALENTINE TERSEBUT MAKA HUKUMNYA HARAM BAGI ORANG ISLAM “

  14. hya menurut aq valentine ttu dlarang oleh islam….
    v bmyak orang yang ng’rayaindt’a dengandth cara bertukar kado dengan psangan’a.ataw memberikan coklat kepada kekasih’a….

  15. memakai,menggunakan bahkan memakan produk non muslim asal halal tidak dilarang yg dilarang adalah meniru budaya orang kafir contoh berpakaian minim (membuka aurat), termasuk budaya valentine….

  16. Allah telah memberikan petujuk agar bisa dijadikan kiblat bagi semua umat mslim yaitu Nabi besar Muhammad SAW ….beliaulah panutan kita kaum muslim bukan yang lain……………………………

  17. kaya g aada hari aja

  18. Kalaulah vlntine diartikan sperti yg diceritkn dlm srt Al-Isra ayat 26-27 sy 100% stuju utk diharamkan. Tp kl valentine diartikn sbg prbuatn utk saling mngasihi antr ssama umat tdk hram ko. Islam menganjurkan utk slg mengasihi diantara qta. Utk hadis yg dicrtkn diawal alngkah lbh baiknya dilihat lg konteksnya mas, krn sudah trlalu banyak hal2 positif yg qta tiru dr org non muslim, yg dgunkn pula oleh org Islam.

  19. ALLAH YANG MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG.
    Kalau kita umat ALLAH mengapa harus kita ributkan masalah valentine ini.Valentine tidak 100% haram karena semua itu bagaimana cara kita menyingkapi dan melakukannya sesuai dgn ajaranNYA secara lansung.Perlu di ingat lagi ALLAH YANG MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG. Valentine merupakan hari kasih sayang terhadap sesama .Tolong untuk beliau yang mengharamkan valentine berikan pandangan terhadap saya tentang valentine ini.Terima kasih.

  20. saya seorang remaja 18thun. sy tdk pernah merayakan hari valentine, itu bukan berarti saya tidak mempunyai kekasih, buat saya. setiap hari sy sudah memberi dan menerinma kasih sayang dr orang tua teman-teman dan jg pacar tentu nya. jadi menurut sy. setiap hari. adalah hari kasih sayang ..

  21. kalau menggunakan nama “Valent” dalam memberikan nama anaknya apa termasuk dosa ya??

  22. valentin hari kasih dan sayang, tidak sadarorang islam sendiri sudah melakukanya, contohnya pacaran dgn melakukan hal yang tidak wajar.mereka anggap th lah sebgai bukti kasih n sayang pada pcr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: