Pakai Levis, Serukan Boikot Produk Israel

JUMAT (2/1) siang cuaca di Batam mendung. Namun, beratus-ratus simpatisan untuk Palestina tetap berbondong-bondong memadati jalan di depan masjid raya Batam Center.

Pengguna Levis demo boikut produk Israel. Padahal Levis masuk dalam daftar boikot yang dibawanya.

Pengguna Levis demo boikut produk Israel. Padahal Levis masuk dalam daftar boikot yang dibawanya.

Tak kurang lebih dari 300 (tiga ratus) pendemo memadati jalan tersebut. Trailer yang berisi sound system pun telah disiapkan untuk orasi. Bahkan, bendera Palestina dan Israel pun juga ada.
Bedanya, bendera Israel dengan gambar bintang bewarna biru diletakan di jalan agar dapat diinjak-injak oleh pendemo. Sedangkan bendera Palestina dibiarkan berkibar-kibar diselengi dengan bendera Indonesia dan symbol partai pengikut pemilu 2009.
Aksi itu juga diwarnai dengan pembakaran bendera Israel. Bendera bergambar Bintang Daud itu itu diletakkan di tengah jalan di samping masjid. Bendera itu kemudian dilindas sejumlah pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat yang melintas di jalan tersebut.
Bendera yang sudah kotor dilindas kendaraan itu kemudian dibakar bersama boneka bergambar kepala presiden Amerika Serikat George W Bush. Bush dianggap peserta aksi merupakan pendukung Israel.
Pendemo laki-laki pun dipisah tempatnya dengan pendemo perempuan. Setelah berkumpul, orator pun menyampaikan orasinya setelah diselingi dengan lagu yang dibawakan oleh tim nasyid.
Inti orasi pun sama, yakni melaknat tindakan Israel yang memborbardir Gaza sehingga menewaskan sekitar 500 (lima ratus) jiwa yang sebagian besar adalah warga sipil bahkan anak-anak.

Anak-anak pun ikut berdemo anti Israel

Anak-anak pun ikut berdemo anti Israel

Selain orang dewasa, anak-anak pun tampak dalam aksi demo tersebut. Bahkan mereka pun berteduh diantara spanduk yang dibentangkan pendemo. Pendemo juga membawa beberapa slogan atau tulisan, diantaranya boikot produk yang berhubungan dengan zionis Israel. Diantaranya, terdapat merek jeans Levis.
Anehnya, yang membawa slogan beberapa merek ini pun menggunakan Levis. Dan setelah dicek pun celana yang digunakannya juga asli. Jadi bagaimana gerakan ini mau berhasil jika mentalitasnya masih demikian? Ketika ditanya pun yang membawa slogan ini hanya tersenyum.
Galang Bantuan
Sementara, selain menggelar demo. Lembaga Forum Zakat Batam juga menggalang bantuan bagi korban Palestina. Bantuan ini dikumpulkan atau diumumkan setelah pelaksanakan shalat Jumat di Masjid Raya Batam (MRB).
Bukan hanya sampai di sini. Penggalangan dana juga disebarkan disimpang jalan dengan menggunakan identitas dari DSNI.
Jumlah dana yang berhasil dikumpulkan dalam aksi ini, hingga Jumat (2/1) sore, terkumpul dana Rp68,9 juta. Juga ada yang menyumbangkan empat cincin emas, sepasang anting-anting, satu gelang, 423 dolar Singapura, dua dolar Amerika, juga ada mata uang Yuan, Ringgit, Riyal dan mata uang asing lainnya. Uang hasil pengumpulan dana tersebut selanjutnya akan dikirim ke Komisi Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP). (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: