Ruang Lingkup Wewenang BPSK

ANGGOTA Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) harus mengetahui ruang lingkup wilayah berlakunya Undang-undang Perlindungan Konsumen sebelum menerima dan menolak kasus yang diajukan oleh konsumen.
Ruang lingkup tersebut meliputi konsumen akhir; barang/jasa yang diperdagangkan dan orang/badan usaha, BUMD dan BUMN. ‘’Contoh sengketa antara perusahaan asuransi dan hotel tidak termasuk dalam wewenang BPSK,’’ jelas Aman Sinaga, S.H, Direktorat Perlindungan Konsumen dalam Acara Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Anggota BPSK, Kamis (24/7/2008).
Adapun parameter perbuatan yang dilarang adalah barang yang tidak standar; contoh penjualan air minum dalam kemasan yang diproduksi tidak standar. Informasi yang mengelabui; contoh penjualan obat peninggi badan. Selanjutnya cara menjual yang merugikan; contoh obral besar-besaran.
Parameter selanjutnya cidera janji atau wanprestasi. ‘’Contoh untuk kasus ini membeli kios ukuran lima meter tapi dalam kenyataannya empat meter. Atau beli rumah dengan bahan kayu borneo tapi pada kenyataanya kayu barangan,’’ paparnya.
Parameter terakhir, klausula baku. Contohnya pengelola parkir tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang. ‘’Kasus parkir di Carefour Cempaka Putih,’’ paparnya.
Aman Sinaga menjelaskan perlindungan konsumen adalah upaya mensejahteraan rakyat. Buktinya, tuntutan konsumen yang diajukan adalah tuntutan yang nyata, materiil dan ganti rugi dalam arti restriktif. Ini bisa dilihat dalam pasal 19 UU No 8 tahun 1999.
Aman mengatakan Undang-undang Pelindungan Konsumen (UU PK) merupakan payung hukum dari undang-undang yang lain seperti UU No 7 tahun 1996 tentang Pangan. Hal ini diperkuat dengan BAP yang dibuat Kepolisian, tuntutan yang dibuat Jaksa hingga putusan Hakim pun mengaitkan undang-undang lainnya selain UU PK.

Satu Tanggapan

  1. […] Ruang Lingkup Wewenang BPSK July 25, 2008 10:31 am admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://ariesaja.wordpress.com/2008/07/24/ruang-lingkup-wewenang-bpsk/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: