Penyeleksian Anggota BPSK Kota Batam

TIM yang dibentuk Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang terdiri dari Imbalo Iman Sakti dari Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Batam (YLKMB), Hery Supriyadi (Kadin Batam) dan unsur pemerintah telah me¬lakukan proses seleksi untuk ang¬gota Badan Penyelesaian Seng¬keta Konsumen (BPSK) Kota Batam yang dimulai pada ha¬ri Senin (30/6) dan Rabu (1/7).
Tim seleksi telah menguji be¬be¬rapa orang yang mewakili beberapa unsur diantaranya dari akademisi, lembaga konsumen, dan dunia usaha.
Pembentukan BPSK Kota Ba¬tam ini berdasarkan amanat UU No 8 Tahun 1999 tentang Per¬lindungan Konsumen yang ter¬tuang dalan Kepres yang selan¬jutnya di¬aplikasikan dalam surat nomor 005/TP-BPSK/V/2008 yang ditan¬datangani Ketua Pem¬bent¬ukan Tim Anggota BPSK.
Pembentukan BPSK ini tertuang dalam UU No 8 Tahun 1999 Pasal 49 yakni :
(1). Pemerintah membentuk badan penyelesaian sengketa konsumen di daerah Tingkat II untuk penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan.
(2). Untuk dapat diangkat menjadi anggota badan pe¬nyelesaian sengketa konsu¬men,seseorang harus memenuhi sya¬rat sebagai berikut :
a. Warga negara Republik Indonesia;
b. berbadan sehat;
c. berkelakuan baik;
d. tidak pernah dihukum karena kejahatan;
e. memiliki pengetahuan dan penagalaman di bidang perlindungan konsumen;
f. berusia sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh ) tahun.
(3). Anggota sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdiri atas unsur pemerintah, unsur konsmen, dan unsur konsumen, dan unsur pelaku usaha.
(4). Anggota setiap unsur se¬ba¬gai¬mana dimaksud pada ayat 93) berjumlah sedit-dikitnya 3(tiga) orang, dan sebanyak-ba¬nyaknya 5(lima) orang. (***)

Satu Tanggapan

  1. […] Penyeleksian Anggota BPSK Kota Batam July 20, 2008 9:15 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://ariesaja.wordpress.com/2008/07/03/penyeleksian-anggota-bpsk-kota-batam/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: