Pembentukan BPSK Batam

Konsumen di Batam akan dapat mengadukan permasalahaannya ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).
Pembentukan lembaga yang sesuai dengan Keputusan Presiden No 23 tahun 2006 ini insya Allah akan teralisasi dalam tahun ini. Dukungan dari DPRD pun telah ada. Dalam pengesahan APBD 2008 dana untuk BPSK ini telah dianggarkan. Bahkan, persiapan untuk menyiapkan tim pembentukan anggota BPSK telah dilakukan dengan dikeluarkannya surat nomor 320/Perindag ESDM -BP.2/III 2008 tentang Permintaan Nama Calon Anggota Tim Pemilihan Anggota BPSK.
Anggota perumus pembentukan ini terdiri dari dua wakil pemerintah, dua wakil pengusaha, dua wakil lembaga konsumen dan satu dari komponen tokoh masyarakat. Tim ini nantinya bertugas mengusulkan pengangkatan anggota BPSK.
 Sesuai Kepres ini, konsumen yang dirugikan atau ahli warisnya dapat menggugat pelaku usaha melalui BPSK di tempat domisili konsumen atau pada BPSK terdekat.
Adapun  tugas dan wewenang BPSK antara lain melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen secara Konsiliasi, Mediasi dan Arbitrase, memberikan konsultasi perlindungan konsumen, melakukan pengawasan terhadap pencantuman klausula baku, melaporkan kepada penyidik umum, menerima pengaduan baik tertulis maupun tidak tertulis, memanggil pelaku usaha yang diduga telah melakukan pelanggaran, memanggil dan menghadirkan saksi serta menjatuhkan sanksi administratif terhadap pelaku usaha yang melanggar ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Keberadaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) diharapkan mampu memberikan konsultasi perlindungan konsumen, menjembatani terhadap setiap sengketa konsumen di daerahnya serta  dapat malaksanakan  tugas-tugas lain yang telah menjadi kewenangannya dalam menerima pengaduan dan menyelesaikan sengketa konsumen baik secara   Konsiliasi, Mediasi maupun Arbitrase.  Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan bahwa penyelesaian sengketa konsumen diselesaiakan melalui pengadilan, Lembaga Perlindungan Konsumen  Swadaya Masyarakat  (LPKSM) ataupun penyelesaian sendiri melalui jalan damai antara  konsumen dan pelaku usaha.(***) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: