Kesadaran Penggunaan Bahan Halal Kue Rendah

Halal, bukan hanya tidak mengandung babi. Banyak bahan-bahan yang haram untuk dikonsumsi, misalnya arak, minuman yang mengandung alkohol, binatang yang disembelih tanpa menyebut nama Allah. Namun, tidak semua muslim di Batam belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk ini. Sehingga, kesadaran umat Islam untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang halal dan thoyib ini masih rendah.

Pemilik Audya Seow Cake & Bakery Shop, Belia Van Sarbinas mengatakan banyak masyarakat Batam yang masih menggunakan rum untuk pembuatan kue seperti black forest. Padahal, ia telah menyarankan kepada pelanggan untuk menggunakan bahan pengganti yang telah bersertifikat halal. ’’Namun mereka masih ngotot untuk menggunakan bahan yang menggunakan rum untuk bahan kuenya. Sehingga kue yang dibuat tersebut otomatis menjadi haram untuk dikonsumsi,’’ paparnya.

Saat mengunjungi tokonya yang berlokasi di Pertokoan Penuin Centre Blok E No 4 Batam, Buletin Jumat mendapati bahan-bahan yang dijual tidak berlabel halal. Seperti rum dan coklat yang banyak digunakan untuk pembuatan kue. Atas penemuan ini, Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Batam (YLKMB) melakukan advokasi agar penjual dapat mengganti bahan-bahan yang dijualnya yang bersertifikat halal.

Atas advokasi ini, Belia merasa bersyukur dan berusaha untuk mencari pengganti bahan-bahan pembuat kue tersebut yang bersertifikat halal. Selain itu, Belia juga mengatakan bukan hanya penjual kue, banyak juga restourant yang tidak memiliki sertifikat halal, namun telah menyatakan produk yang dijualnya adalah halal.’’Sehingga pada masa yang akan datang saya berkeinginan membuat restourant yang bersertifikat halal,’’ ujarnya.

Lengkapi Sertifikat Halal

Berdasarkan pantauan Buletin Jumat di Mega Mall Batam Center, sejumlah bakery shop telah melengkapi sertifikat halal seperti Bread Talk. Sedangkan J Co belum menunjukan sertifikat halal di restonya. Beberapa pengusaha lainnya juga telah menunjukan label halal seperti Dyan Bakery.

Berdasarkan pantauan ini, Ketua YLKMB Imballo Iman Sakti mengimbau kepada konsumen untuk peduli mengkonsumsi produk yang telah memiliki sertifikat halal.(***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: