Minuman Cap Badak kok Tak Ada Label Halalnya Pak?

YAYASAN Lembaga Konsumen Muslim Batam (YLKMB) melakukan sosialisasi tentang perlindungan konsumen di hadapan perkumpulan pengajian di Legenda Malaka pada Jumat pekan lalu.
Ketua YLKMB Imbalo Iman Sakti mengatakan para ibu rumah tangga harus memperhatikan status kehalalan makanan yang dikonsumsinya. ”Selama ini para ibu kurang perhatian terhadap status ini,” ujarnya.
Soal ini penting, ujarnya, karena yang ada status halal saja belum tentu halal karena banyaknya pemalsuan logo halal. Tapi paling tidak dengan adanya logo halal maka akan mengurangi keraguan tentang status kehalalan makan atau minuman.
Imbalo mengatakan kehalalan suatu makan bukan hanya terletak pada adanya unsur babi atau tidak. Banyak unsur lainnya yang menyebabkan suatu makan atau minuman menjadi haram. Misalnya unsur fermentasi atau unsur lainnya seperti alkohol.
Sup ikan belum halal karena dalam memasak ikan menggunakan ang cui atau arak. Padahal ikan itu adalah makanan yang halal. Demikian juga anggur. Buah anggur itu halal, tapi setelah menjadi minuman maka anggur tersebut menjadi haram.
Pada saat sesi tanya jawab, muncul pertanyaan tentang mengapa minuman cap badak yang belum ada logo halalnya. Padahal minuman ini merupakan minuman sehari-hari untuk panas dalam.
Belum adanya logo halal ini terdapat beberapa hal diantaranya kemungkinan status kehalalanya masih dalam proses kepungurusan.”Tapi sebaiknya cari yang ada status halalnya dulu,” paparnya.
Beberapa pertanyaan lainnya adalah tentang status sertifikat perumahan di Batu Aji yang tidak dapat menjadi agunan karena berdiri di atas hutan lindung.
Menanggapi hal ini, Sekretaris YLKMB yang juga anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam Aries Kurniawan mengatakan konsumen dapat mengadukan hal ini kepada BPSK. Dan BPSK dapat mengambil keputusan yang nantinya diminta ketetapannya ke Pengadilan Negeri.”Semoga ini nantinya dapat menjadi ketetapan dan yurisprudensi yang menguntungkan konsumen,” ujar Aries. (***)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: